Robot Pemecah Rekor Jalan Cepat

Robot Pemecah Rekor Jalan Cepat

robotkaki.jpg
Robot sederhana dengan dua kaki bernama RunBot tidak dapat berlari. Namun, ia mampu berjalan cepat bahkan memecahkan rekor robot-robot sebelumnya.

Robot buatan para peneliti Eropa setinggi 30,5 centimeter ini mampu berjalan dengan kecepatan sekitar 3 meter perdetik atau sebanding dengan kemampuan manusia. Kemampuannya berjalan dua kali kecepatan robot tercepat sebelumnya Spring Flamingo buatan Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

“Ada beberapa prinsip yang dipakai di sini sehingga desain ini lebih efisien daripada robot tercepat sebelumnya,” kata pakar komputasi otak Florentin Worgotter dari Universitas Gottingen Jerman. Seperti manusia yang sedang berjalan cepat, lutut RunBot relatif lurus saat berjalan. Pinggulnya lebih banyak digunakan untuk melangkahkan kaki daripada mengayun lututnya.

Para peneliti juga melengkapinya dengan jaringan syaraf tiruan sederhana yang fungsinya meniru syaraf manusia. Dua buah sensor bekerja seperti neuron untuk mengendalikan motor-motor di pinggulnya.

Sensor-sensor di bagian pinggul akan memberitahu motor untuk berputar lebih cepat sehingga menghasilkan langkah lebih banyak. Neuron-neuron di lutut menjaga agar bagian tersebut tetap kaku untuk menghasilkan langkah yang efisien dan tidak menekuk saat berjalan cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: