penculikan anak di Makassar resahkan warga

MAKASSAR: Berikut ini sejumlah berita yang disoroti surat kabar yang beredar di kawasan timur Indonesia hari ini: EKSPOR 2010: Kenaikan harga komoditas dan peningkatan permintaan di pasar dunia mendorong realisasi nilai ekspor Sulawesi Selatan pada 2010 hingga tumbuh 87,5% menjadi US$2,25 miliar dibanding tahun sebelumnya.

Lonjakan tersebut terjadi di tengah perbaikan harga nikel dan kakao, dua komoditi ekspor utama daerah ini, yang sempat terpuruk pada 2009. Realisasi ekspor bulanan selama 2010 selalu melampaui tahun sebelumnya, kecuali November ketika nilai yang digapai hanya US$43,4 juta, anjlok 41% terhadap periode sama 2009. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

LAHAN INCO: PT International Nickel Tbk (Inco) yang menguasai 65.000 hektare lahan konsesi pertambangan nikel di Sulawesi Tenggara memilih bermitra dengan investor lain untuk mendirikan industri nikel di daerah itu, sekaligus menolak tuntutan untuk melepaskan hak perseroan.

Gubernur Sultra Nur Alam mengatakan pihaknya mengajukan tiga opsi kepada perusahaan penanaman modal asing itu terkait lahan yang dikuasai melalui kontrak karya yang baru berakhir 2025. Dua opsi lain, yakni Inco melanjutkan niat investasi dengan mendirikan pabrik pengolahan nikel atau melepas seluruh konsesi lahan. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

UMP SULBAR: Upah minimum provinsi Sulawesi Barat 2011 mengalami kenaikan 6,5% menjadi Rp1.006.000. Pada 2010, UMP provinsi termuda di Tanah Air itu baru Rp944.200.

Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Mamuju Yohanes mengungkapkan UMP Sulbar tiga tahun berturut- turut dinaikkan 6,5%. (Seputar Indonesia)

PENCULIKAN ANAK: Berita penculikan anak yang tersebar melalui pesan singkat SMS mulai menimbulkan keresahan di kalangan orang tua di Makassar. Banyak keluarga khawatir saat anak mereka keluar rumah, termasuk ke sekolah.

Sulastri, 35, warga Minasa Upa, mengaku mendapatkan informasi dari teman bahwa penculikan anak ada di mana-mana. Hal ini membuatnya takut mengantar anaknya ke sekolah. (Seputar Indonesia)

BUKOPIN: PT Bank Bukopin Tbk membuka layanan Bukopin Prioritas untuk menggaet nasabah segmen menengah atas di Makassar. Bank Bukopin membuka layanan prioritas itu di Wisma Kalla. (Koran Tempo Makassar)

INFLASI CABE: Komoditi pertanian cabe rawit masih menjadi penyumbang utama laju inflasi di Makassar pada Januari lalu. Sengatan harga cabai ini sudah berlangsung sejak akhir tahun silam. (Koran Tempo Makassar) (ln)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: